Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Kimono Jepang Menjadi Trend Dunia

Jenis-Jenis Kimono Jepang Menjadi Trend Dunia - Kimono merupakan pakaian tradisional dari Jepang.  Sekarang, kimono tengah menjadi tren di dunia. Kimono berbentuk seperti huruf “T”, yang menyerupai mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang dari kimono dibuat hingga pergelangan kaki. Untuk wanita, kimono yang dikenakan berbentuk baju terusan. Sementara untuk laki-laki, mereka mengenakan kimono yang berbentuk setelan. Kerah kanan harus berada di bawah kerah kiri. Untuk sabuk kain atau yang lebih dikenal dengan sebutan obi ini dililitkan pada bagian perut atau pinggang kemudian diikat di bagian punggung. Untuk alas kaki pada saat mengenakan kimono mereka mengenakan zōri atau geta.

Jenis-Jenis Kimono Jepang Menjadi Trend Dunia

Tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh warna dan pola tenunan, mulai dari yang paling formal hingga santai. Berdasarkan jenis kimono yang dikenakan, kimono dapat menunjukkan usia si pemakai, status perkawinannya, hingga tingkat formalitas dari acara yang dihadirinya. Selain wanita dan pria dewasa, kimono juga dapat dipakai oleh anak-anak.

Sebagai busana tradisional, kimono ini sudah diadaptasi disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dan kini, kimono bisa dikenakan untuk berbagai kesempatan untuk menghadiri resepsi, pesta resmi, tahun baru, atau upacara minum teh. Untuk lebih lengkapnya, berikut akan disampaikan mengenai Jenis-Jenis Kimono Jepang Menjadi Trend Dunia

1.    Kimono Kuro Montsuki

Kimono Kuro Montsuki merupakan kimono yang menjadi tren dunia yang pertama. Kimono jenis ini didesain secara khusus untuk laki-laki dengan tidak terdapat pita besar yang diikatkan bagian belakangnya. Biasanya kimono Kuro Montsuki menggunakan warna yang gelap seperti hitam abu-abu atau cokelat.

2.    Kimono Uchikake

Jenis kimono yang menjadi tren selanjutnya yaitu Kimono Uchikake. Dari sekian jenis kimono, hanya Kimono Uchikake ini yang paling mewah. Hal ini dikarenakan Kimono Uchikake merupakan pakaian resmi yang diperuntukkan seorang wanita ketika menikah. Kimono jenis ini memiliki harga paling mahal dibandingkan dengan jenis kimono lainnya.

3.    Kimono Mofuku

Jenis kimono yang menjadi tren selanjutnya yaitu Mofukul. Kimono jenis ini mempunyai warna khas hitam. Oleh sebab itu, Kimono Mofuku dikenakan untuk menghadiri upacara pemakaman karena hitam melambangkan rasa duka yang mendalam.

4.    Kimono Tomosode

Tomesode merupakan kimono yang terbuat dari kain berwarna yang disebut dengan irotomesode. KimonoTomosode ini dikenakan wanita dewasa yang telah menikah. Kimono jenis ini dikenkan untuk menghadiri acara yang tidak membolehkan para tamu untuk datang mengenakan kurotomesode, seperti resepsi di istana kaisar. Ciri khas dari irotomesode yaitu motif indah pada suso.

5.    Kimono Furisode

Furisode merupakan jenis kimono yang paling formal untuk wanita muda yang belum menikah yaitu ketika menginjak usia 20 tahun. Furisode terbuat dari sutera berkualitas tinffu dengan warna cerah dan motif mencolok di seluruh bagian kain. Ciri khas dari kimono furisode ini adalah lengan yang lebar dan menjuntai ke bawah. Fungsi Kimono Furisode untuk melambangkan kedewasaan penggunanya. Biasanya dikenakan pada saat menghadiri upacara seijin shiki, upacara wisuda, resepsi pernikahan teman atau hatsu mode.

6.    Kimono Homongi

Homongi merupakan kimono formal untuk wanita yang telah atau belum menikah. Si pemakai bebas mengenakan bahan yang bergambar lambang keluarga ataupun tidak. Ciri khas homongi yaitu motif pada  seluruh bagian kain mulai dari depan hingga ke belakang. Biasanya Homongi dikenakan untuk menghadiri upacara pernikahan kerabat jauh atau upacara minum teh.

7.    Kimono Yukata

Yukata merupakan jenis kimono yang terbuat dari bahan katun tipis. Kimono yukata sangat sejuk untuk dipakai di sore hari atau sesudah mandi malam. Yukata merupakan kimono nonformal yang dipakai pria maupun wanita pada saat musim panas. Mereka mengenakan pada saat melihat pesta kembang api, matsuri (ennichi) atau menari pada perayaan obon. Yukata bisa dikenakan oleh siapa saja, tidak mengenal status mereka apakah sudah menikah maupun belum menikah.

Itulah Jenis-Jenis Kimono Jepang Menjadi Trend Dunia. Anda tertarik untuk mengenakan kimono dalam  menghadiri suatu acara? Untuk Anda yang ingin tampil stylish dengan kimono, pilihlah model Kimono yang dimodifikasi dengan Batik. Paduan antara kimono yang dibalur dengan sentuhan Batik memberikan penampilan Anda semakin cantik, feminim dan tentunya tidak menghilangkan ciri khas Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sentuhan Warna Emas dalam Busana

Sentuhan Warna Emas dalam Busana  - Warna emas yang identik dengan elemen gaun malam kinii tengah menjadi elemen warna favorit.  Sentuhan warna emas selalu berhasil memberikan  aksen glamour dan seksi. Sehingga hal ini menjadi perhatian oleh beberapa desainer untuk menerapkan aksen emas ini pada karyanya.
Sentuhan Warna Emas dalam Busana Rancangan rumah mode Daks menggunakan aksen warna metalik.  Kombinasi antara blazer berwarna emas dan gaun panjang berwarna nude akan terlihat sangat menawan. Sama halnya dengan koleksi Amaya Arzuaga di Paris Fashion Week. Perpaduan little black dress dan outerwear panjang warna emas tampil sederhana, namun sangat menarik.

Hal serupa juga dilakukan oleh Blumarine di Milan. Yang membedakan diantara keduanya yaitu rumah mode ini memadukan sentuhan Asia dalam koleksinya, contohnya yaitu gaun hitam berpotongan kimono dengan aksen emas sehingga tampilan lebih elegan. 
Lain halnya di New York. Para desainer  memasukkan elemen emas melalui outerwear dan penc…

Inilah 5 Aplikasi Terbaik Untuk Memonitor Ponsel Android Kamu

Aplikasi Terbaik Untuk Memonitor HP Android Kamu- adalah solusi untuk menampilkan pergerakan dari android anda, mulai dari info aplikasi boros baterai, masalah koneksi internet, file junk yg tidak berguna di ponsel anda, dll masih banyak lagi fungsi dari Aplikasi Monitor Android. Walaupun sudah menggunakan Launcher Android Teringan, namun jika ada aplikasi yang bergerak terlalu berlebihan, maka akan membua ponsel anda juga dapat overheat, dsb, oleh karena itu monitoring sangat diperlukan. Dalam monitor-memonitor posel android kesayangan, tidak peduli anda seorang android freak atau android user biasa, akan tetap memerlukan hal ini. Nah oleh karena itu, berikut ini akan kami berikan anda 6 Aplikasi Terbaik Untuk Memonitor Android Anda : 1. Network Monitor Mini : Si Widget Kecil di Home Screen yang Berguna
Network Monitor Mini ini adalah aplikasi yang akan mempermudah anda untuk memonitor pergerakan koneksi internet anda, dari mulai speed download hingga speed upload. Seh…

10 Aplikasi Office Terbaik dan gratis Untuk Android

Aplikasi Office Terbaik - Seperti Halnya Micsoft word pada windows yang merupakan aplikasi wajib yang bisa kita gunakan untuk membuat dokomen dalam bentuk word, excel, Powerpoint, Juga PDF. Dengan berkembangnya dunia IT kini Ponsel juga sudah memiliki kemampuan untuk membuka file tersebut.
Khusus Ponsel Android, Pada artikel ini saya akan membagikan Beberapa Kumpulan aplikasi android untuk membuka file Office layaknya Microsoft word, aplikasi ini bermacam-macam jenis dan kemampuannya, mulai dari yang Gratis dan ada juga yang berbayar. Aplikasi yang sangat ringan, dengan kapasitas kecil sampai aplikasi yang memiliki Kemampuan HD atau mempunyai kualitas yang sangat Bagus.
Kumpulan Aplikasi Office Untuk Smartphone Android
Berikut Ini Aplikasi Office yang Menjadi Favorite di Android 1. Documents To Go 3.0
Documents To Go adalah aplikasi pembuka office yang cukup Populer. dengan aplikasi ini anda bisa membuka dan mengedit dan membuat file Dokumen layaknya Microsoft Office. …